Tuesday, December 27, 2011

Aplikasi Ubuntu

Aplikasi

Ubuntu memiliki berbagai macam aplikasi, baik untuk kebutuhan desktop maupun server. Ketika Anda menginstal Ubuntu, maka Anda akan mendapatkan perangkat lunak yang berguna untuk kebutuhan komputasi yang umum, dari pemrograman kompleks hingga untuk keperluan presentasi bisnis, dan database.
Ubuntu adalah sebuah kumpulan aplikasi lengkap dari suatu sistem operasi desktop. Hal ini mencakup segalanya yang Anda butuhkan untuk mempelajari kemampuan dalam berkomputasi dan menjadi mahir dalam menggunakan komputer di rumah, bisnis, serta kebutuhan-kebutuhan profesional. Ubuntu adalah suatu platform yang sangat baik untuk pendidikan, dimana tidak ada batasan untuk hal-hal yang dapat dipelajari oleh pelajar tentang perangkat lunak mereka.

Perangkat lunak bisnis di Ubuntu

office.png
Ketika Anda menginstal Ubuntu, Anda akan mendapatkan berbagai macam perangkat lunak untuk keperluan bisnis, seperti aplikasi pengolah kata untuk menciptakan surat dan dokumen, aplikasi spreadsheet untuk melakukan analisa dan kalkulasi bisnis, serta aplikasi untuk presentasi yang dapat Anda gunakan untuk menyampaikan ide di dalam suatu rapat. Perangkat lunak ini, yang disebut sebagai Open Office, juga kompatibel dengan Microsoft Office, sehingga Anda dapat dengan mudah bertukar dokumen dengan teman dan kolega yang menggunakan Windows dan Microsoft Office.
Ubuntu juga menyertakan browser kelas dunia (Firefox) yang selain cepat juga aman, serta memiliki banyak sekali fitur untuk memperkaya pengalaman Anda saat menjelajahi dunia maya. Sebagai contoh, penggunaan tab akan memudahkan Anda untuk membuka banyak halaman web dalam jendela yang sama dan berpindah-pindah dari satu halaman ke halaman lain dengan mudah. Kemudian terdapat juga pengaturan untuk membatasi pop-up yang dapat Anda gunakan untuk mengatur situs-situs mana saja yang diizinkan untuk membuat pop-up jendela baru dan menayangkan iklan. Ubuntu juga memiliki aplikasi e-mail dan kalender (Evolution), yang telah diakui kehandalannya di dunia e-mail dalam hal pencarian dan pengorganisasian surat.

Ubuntu untuk pendidikan

education.png
Ubuntu adalah sistem operasi yang sangat baik untuk pendidikan. Jika Anda ingin berusaha meningkatkan kemampuan komputasi Anda, Ubuntu memiliki aplikasi yang mencakup setiap bagian penggunaan komputer, dari penggunaan yang sangat dasar (seperti mengetik dan membuat dokumen) sampai pada kemampuan tingkat lanjut (seperti desain grafis dan publikasi). Ubuntu juga merupakan platform yang sangat baik untuk pelajar yang sedang mempelajari teknologi informasi dan ilmu komputer, karena Ubuntu memiliki peralatan yang Anda butuhkan untuk menjadi pengembang perangkat lunak kelas dunia. Ubuntu juga tersedia dalam berbagai bahasa, membuat Ubuntu menarik untuk digunakan oleh pengguna baru yang ingin menggunakan Ubuntu dalam bahasa mereka sendiri.

Ubuntu untuk server Internet

server.png
Dalam CD instalasi Ubuntu, Anda akan menemukan perangkat lunak yang dikhususkan untuk database, layanan web, e-mail hosting dan DNS name service, internet cacheing, dan directory service. Ubuntu juga memiliki aplikasi Samba yang dapat digunakan untuk berbagi berkas dengan komputer lain, perangkat lunak FTP server untuk tempat penyimpanan berkas berukuran besar dan aplikasi NTP untuk layanan waktu jaringan. Ubuntu juga dapat Anda instal dengan konfigurasi server yang telah dioptimalkan untuk server layanan pusat data yang tidak akan digunakan sebagai mesin desktop.

Seberapa banyak perangkat lunak tersedia untuk Ubuntu?

Jumlah keseluruhan repositori perangkat lunak Ubuntu sangatlah luar biasa. Hampir sekitar 1.000 paket perangkat lunak telah diinstal secara baku (default), diluar dari jumlah keseluruhan perangkat lunak dasar yang didukung penuh yang jumlahnya sekitar 1.300 paket. Sebagai tambahan, terdapat lebih dari 16.000 paket yang tersedia untuk Anda saat ini juga, dan banyak lagi yang tersedia dari pihak ketiga. Silakan baca juga mengenai repositori lengkap Ubuntu dan strukturnya.

No comments: