Thursday, November 25, 2010

Menulis Arab di UBUNTU 10.04

Beberapa kali saya Install Ubuntu mulai versi 7 dan linux - linux lainnya ketika berhadapan dengan tugas menulis huruf arab, akhirnya saya install ulang menjadi Windows XP, akan tetapi sebenarnya saya ingin sekali memakai linux dan akhirnya saya dapat kiriman DVD LINUX UBUNTU 10.04 LTS dengan senangnya saya coba Install lagi LINUX untuk komputer yang di rumah sebagaimana saya sekarang sedang mengetik dengan UBUNTU 10.04 LTS. Terima kasih atas kiriman DVDnya.

Ternyata ........

Alhamdulillah begitu mudah menulis bahasa Arab dengan menggunakan aplikasi apapun (open office dll) di Ubuntu 10.04. Kendala utamanya adalah kita mesti menghafal letak masing-masing huruf hijaiyah pada keyboard kita. Hal ini berbeda menulis dengan menggunakan bahasa Jepang yang posisi keyboardnya sama dengan posisi keyboard biasa (dengan catatan jika kita menggunakan model keyboard USA).

Berikut langkah-langkahnya :
  1. Yang paling mudah adalah dengan menambah pilihan bahasa pada IBus. Langkah-langkahnya : System –> Preferences –> IBus Preferences –> Input Method
  2. Lalu klik pada tulisan Select an input method dan pilih bahasa yang hendak ditambahkan. 
  3. Karena kita ingin menulis dengan bahasa Arab, maka klik Arabic
  4. Setelah itu klik Add
  5. Setelah kita menambahkan bahasa ini, biasanya pada pojok kanan atas akan muncul ikon keyboard. Klik ikon tersebut dan pilihlah huruf Arab (Arabic-kbd (m17n)). Nah, sampai pada langkah pertama ini sebenarnya kita sudah bisa menulis dengan menggunakan bahasa Arab.
  6. Untuk mengetahui posisi huruf hijaiyah pada keyboard kita, maka lakukan langkah berikut : System –> Keyboard –> Layouts –> Klik pada tulisan Add –> Pilih pada tulisan By language –> Pilih Arabic. Nah, akan muncul gambar keyboard seperti gambar di bawah  ini :

Gambar keyboard yang muncul pada layar komputer kita seperti gambar di atas bisa di print langsung dengan mengklik tulisan Print di pojok kiri bawah. Kita bisa menyimpan dalam format pdf atau langsung diprint. Cara mudah adalah dengan menekan tuts PrintScreen pada keyboard kita (itu yang aku lakukan :) ).
3. Cara lain adalah dengan mengkopi huruf-huruf Arab satu demi satu dan menyalinnya pada dokumen kita [menurutku cara ini terlalu ribet :) ]. Langkah-langkahnya adalah sbb : Applications –> Accessories –> Character Map –> Klik Arabic pada pilihan di bawah tulisan Scripts. Lalu posisikan mouse kita pada huruf yang kita kehendaki dan tanpa melepas mouse, tarik huruf tersebut pada area Text to copy. Lalu klik tulisan Copy di pojok kanan. Pada Open Office tinggal klik Paste aja, dan huruf yang kita kehendaki akan muncul di dokumen kita. Berikut gambar Character Mapnya.

Cat: Pada Open Office, pilhan huruf yang mendekati huruf di mushaf AL-Qur’an adalah KacstBook dan KacstQurn. Aku paling suka menggunakan KacstBook. Hurufnya bagus :)   Silahkan mencoba. Semoga bermanfaat!

@campus

~saat menuju dingin~

Terima kasih artikelnya ya ....

No comments: