Friday, November 26, 2010

Berikut panduan langkah demi langkah instalasi Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx
Ubuntu 10.04 yang juga dikenal dengan sebutan Lucid lynx telah dirilis pada tanggal  29 April 2010 yang merupakan rilis keduabelas dari OS Ubuntu. Rilis ini merupakan rilis LTS (Long Term Service) yang artinya rilis ini mendapat dukungan panjang dari Ubuntu. Tutorial ini dibuat untuk memberikan panduan kepada siapaun yang ingin menginstall Ubuntu 10,04 pada komputer pribadinya.
Cara install Ubuntu 10.04 ini ditujukan untuk orang-orang yang belum pernah menginstall Ubuntu pada komputernya namun menginginkan os ini beroperasi pada komputernya. Tutorial ini akan memudahkan pekerjaan Anda dalam melakukan instalasi Ubuntu 10.04, namun jika Anda mengalami permasalahan dalam proses instalasi, jangan ragu untuk menulis di teriakan, kami dari Linux Majapahit akan dengan senang hati membantu Anda.


Persyaratan:
Anda butuh Ubuntu 10.04 LTS Desktop ISO image yang sesuai dengan arsitektur Komputer Anda (i386 atau amd64), dan bisa didownload dari sini. Bila Download Anda sudah selesai, bakar ISO image tersebut dengan aplikasi CD/DVD burning favorit Anda (Nero, CDBurnerXP, Roxio) pada CD blank dengan speed 8x.
Setelah kita memiliki cdnya kita boot komputer kita dengan cd ubuntu 10.04. Anda akan melihat wallpaper untuk beberapa saat sampai jendela install muncul . Pilih bahasa yang anda inginkan untuk proses instalasi dan bahasa default yang akan anda pakai selanjutnya. Dalam tutorial ini saya pakai bahasa indonesia



Klik pada tombol install ubuntu 10.04 LTS.




Klik Tombol Forward



Dimana Anda?
Layar ketiga akan menampilkan peta bumi. Waktu dari sistem komputer Anda akan menggunakan pilihan lokasi yang Anda tentukan. Anda juga dapat memilih lokasi menggunakan drop down list yang terletak pada bagian bawah layar. Klik tombol “Forward” setelah Anda memilih lokasi yang diinginkan…


Test keyboard Anda
Pada layar ketiga, Anda bisa memilih layout keyboard yang Anda inginkan. Namun layout default biasanya adalah yang sering digunakan. Klik tombol “Forward” jika konfigurasi keyboard telah selesai Anda tentukan.







Partisi Hard Disk
Anda memiliki Tiga pilihan:
  1. Jika Anda ingin menghapus operating system yang ada, atau hard drive sudah kosong dan Anda ingin installer secara otomatis melakukan partisi hard drive, pilihlah opsi Pertama, “Hapus dan gunakan seluruh cakram”.
  2. Opsi Kedua adalah “Gunakan ruang kosong terbesar yang menyatu” dan akan menginstall Ubuntu 10.04 pada space yang belum dipartisi pada hard drive yang dipilih.
  3. Opsi keempat adalah “Specify partitions manually” dan pilihan ini sangat direkomendasikan untuk pengguna level advanced, pilihan ini untuk membuat partisi khusus atau melakukan format hard drive dengan sistem file lain. Ini juga dapat digunakan untuk membuat partisi /home yang sangat berguna untuk melakukan instalasi ulang keseluruhan sistem.


  1. Opsi keempat adalah “Specify partitions manually” dan pilihan ini sangat direkomendasikan untuk pengguna level advanced, pilihan ini untuk membuat partisi khusus atau melakukan format hard drive dengan sistem file lain. Ini juga dapat digunakan untuk membuat partisi /home yang sangat berguna untuk melakukan instalasi ulang keseluruhan sistem.
Nb: Untuk opsi ini akan di bahas pada artikel selanjutnya.
Siapakah Anda ?
Pada layar ini, Anda harus memasukkan data yang benar sesuai pertanyaannya. Isilah kolom yang tersedia dengan nama asli Anda, nama yang Anda inginkan untuk login pada OS Ubuntu (yang disebut juga dengan “username” yang dibutuhkan untuk login pada system), password dan nama komputer (secara otomatis sudah tertulis, namun bisa Anda ganti).
Pada tahapan ini, ada opsi yang disebut “Masuk secara otomatis”. Jika kotak pilihan ini Anda centang, maka Anda akan login secara otomatis pada Ubuntu Desktop. Klik tombol “Forward” untuk melanjutkan...


Apakah Anda sudah benar-benar siap menggunakan Ubuntu?
Ini adalah langkah akhir instalasi. Pada tahapan ini, Anda dapat memilih untuk menginstall boot loader pada partisi lain atau hard drive, namun ini sangat direkomendasikan bagi yang sudah advanced saja.
Klik tombol pasang


Ubuntu anda segera di pasang



Setelah kira-kira 10 sampai 18 menit (tergantung pada spesifikasi komputer Anda), pop-up window akan muncul, mengingatkan Anda bahwa instalasi sudah selesai, Anda perlu melakukan restart komputer untuk melihat operating system Ubuntu berjalan. Klik tombol “Restart Now”… Atau “Restart Sekarang”
CD akan dikeluarkan dari CD ROM, lalu tekan tombol “Enter” untuk reboot. Komputer akan direset, dalam beberapa saat Anda akan melihat Ubuntu boot splash dan Xsplash… terus melihat jendela login. klik pada username Anda dan masukkan passwordnya. Klik Log in atau tombol enter…




Setelah berhasil login Anda siap menikmati Ubuntu 10.04 LTS Anda.


Aku Barusan menginstall sendiri 23 Nopember 2010

No comments: